Lima Tahun JFLS Terus Mendorong Kolaborasi Antar Penerima Beasiswa Melalui Program Pendampingan

Lima Tahun JFLS Terus Mendorong Kolaborasi Antar Penerima Beasiswa Melalui Program Pendampingan

Bandung (28/02/2024) - Tahun 2023 menjadi tahun ke-5 Jabar Future Leaders Scholarship hadir ditengah masyarakat Jawa Barat. JFLS merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan Jawa Barat dalam meningkatkan akses pemerataan pendidikan tinggi melalui beasiswa pendidikan.

Jabar Future Leaders Scholarship dalam pelaksanaannya tidak hanya memberikan bantuan pendidikan namun juga program pendampingan. Program pendampingan merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh JFLS setiap tahunnya yang bertujuan untuk meningkatkan soft skills penerima beasiswa JFLS yang diselenggarakan dalam bentuk offline maupun online. Menariknya, pada tahun 2023 JFLS menyelenggarakan program pendampingan dalam bentuk konferensi dengan tema “Navigating the Future of West Java”  secara offline pada 07-08 Juni 2023 di Gedung Sate yang melibatkan penerima beasiswa dari jenjang pendidikan S1, S2, dan S3.

Pada program pendampingan tersebut, penerima beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship membuat sebuah karya tulis ilmiah secara individu maupun kelompok kemudian dilakukan proses kurasi dan penentuan Karya Tulis Ilmiah terbaik untuk diundang dan melakukan orasi di hadapan Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan peserta Jabar Future Leaders Scholarship Conference. 

Selain orasi, pada konferensi tersebut disediakan juga ruang-ruang diskusi yang terbagi menjadi dua kategori yakni leadership dan entrepreneurship. Ruang diskusi ini dapat dipilih oleh peserta Jabar Future Leaders Scholarship Conference sesuai dengan materi yang diminati. Adapun narasumber dari kategori leadership yaitu Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl., S.E., M.Eng (Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat yang menjabat sejak 15 Februari 2020 hingga 3 Oktober 2023)  dan Rian Ernest Tanudjaja, S.H., MPA (Public Sector), sedangkan dari kategori entrepreneurship yaitu Primarahardiantara (Chief Creative Marketing Officer Txture) dan Uun Ainurrofiq (Director of Government Affairs and Strategic Collaborations Grab). Kemudian, acara dilanjutkan dengan Gala Dinner bersama Dr. Hj. Atalia Praratya, S.IP., M.I.Kom dan Ir. H. Juwanda sebagai malam penghargaan untuk peserta Jabar Future Leaders Scholarship Conference.

Peserta Jabar Future Leaders Scholarship Conference memberikan antusias yang positif mengikuti program pendampingan. Menutup rangkaian kegiatan program pendampingan tahun 2023, diselenggarakan sharing session antar peserta Jabar Future Leaders Scholarship Conference sebagai bentuk refleksi perjalanan awardee JFLS serta membuat sebuah rancangan social project  secara berkelompok serta mempresentasikannya.  

Melalui kolaborasi antara sesama penerima beasiswa JFLS  tersebut diharapkan, penerima beasiswa JFLS dapat terus berkolaborasi sehingga dapat menghasilkan kolaborasi yang berdampak positif dalam mengatasi permasalahan di lingkungan sosial terdekatnya. Selain itu, dapat memperluas jaringan relasi antar penerima beasiswa JFLS yang berasal dari Perguruan Tinggi, Jenjang dan Rumpun Ilmu yang berbeda.

Bagikan konten ini: